in ,

Keren

15 Tempat Wisata di Kyoto Jepang yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Kyoto Jepang – Kota Kyoto yang dulunya merupakan ibukota Jepang sebelum dipindahkan ke Tokyo ini menyimpan banyak destinasi wisata yang seru. Kyoto yang terkenal dengan makanan khasnya seperti okonomiyaki dan omen ini telah dikunjungi 30 juta lebih wisatawan setiap tahunnya. Kota Kyoto menawarkan kulinernya yang khas, pusat perbelanjaan hingga objek-objek wisata bersejarah. Berikut disajikan tempat wisata di Kyoto Jepang yang wajib dikunjungi.

1. Kyoto Tower

Kyoto Tower
Kyoto Tower. Source: Thousand Wonders

Berkunjung ke Kyoto tanpa bertandang ke landmark-nya yakni Kyoto Tower rasanya pasti kurang lengkap. Dengan jarak yang dapat ditempuh 5 menit dari Stasiun Kyoto membuat Kyoto Tower tak sepi dari turis lokal maupun mancanegara. Dengan tinggi 131 meter kamu dapat memandang seluruh panorama kota Kyoto dari atas. Selain itu kamu bisa menikmati hidangan di restoran Sky Lounge dan berbelanja oleh-oleh khas Kyoto di toko souvenir yang tersedia.

2. Fushimi Inari Taisha

Fushimi Inari Taisha
Fushimi Inari Taisha. Source: Unsplash

Fushimi Inari Taisha merupakan sebuah kuil yang berada di lereng Gunung Inari. Kuil ini dibangun sebagai pemujaan Dewa Inari yakni dewa pembawa kesuburan dan dewa beras di Jepang. Saat menyusuri kuil ini kamu akan menemukan banyak patung rubah yang merupakan simbol hewan pengantar Dewa Inari. Dengan dominasi warna bangunannya yang berwarna merah-oranye membuat kuil satu ini begitu mencolok dan terasa sekali nuansa Jepangnya.

3. Arashiyama

Arashiyama
Arashiyama. Source: Trover

Hutan bambu Arashiyama ini terletak di bagian barat Kyoto, tepatnya di kaki Gunung Arashiyama. Di destinasi wisata satu ini kamu dapat menemukan kuil-kuil cantik yang yang berada di tengah hutan. Dengan susana pedesaannya yang masih kental, penjelajahan hutan yang dipenuhi bambu ini akan membuatmu tenang dan rileks.

4. Distrik Gion

Distrik Gion
Distrik Gion. Source: Visions of Travel

Jika berkunjung ke Gion, maka kamu akan menemukan geisha yang sudah mulai langka kehadirannya di Jepang. Tempat wisata di Kyoto Jepang ini adalah jalanan terkenal sekaligus terbesar yang sering digunakan tempat bersenang-senang. Pada malam hari, kehidupan malam Gion mulai bermunculan. Selain itu di distrik ini kamu dapat menikmati sajian khas restoran tradisional Jepang serta mencicipi teh yang enak. Kamu pun dapat berjalan-jalan sambil menikmati sejarah Gion yang klasik seperti rumah-rumah tua, toko barang antik hingga galeri seni.

5. Kuil Yasaka

Kuil Yasaka
Kuil Yasaka. Source: kimberly ah

Kuil Yasaka merupakan kuil yang dibangun untuk pemujaan Dewa Susa-no-o yakni dewa kemakmuran dan kesehatan. Oleh sebab itulah kuil ini melambangkan kemakmuran Kyoto secara keseluruhan. Tradisi yang melekat di Kuil Yasaka adalah pada tahun baru bayi yang baru lahir beserta neneknya datang ke kuil ini. Tradisi ini sebagai simbol kemakmuran dan kesehatan untuk bayi yang baru lahir tersebut. Selain itu pada musim semi banyak pengunjung datang untuk menikmati keindahan bunga sakura.

6. Kyoto Imperial Palace

Kyoto Imperial Palace
Kyoto Imperial Palace. Source: Catperku

Kompleks luas yang dikelilingi dinding tinggi Kyoto Imperial Palace ini merupakan salah satu bangunan kebanggaan Kyoto. Dulunya destinasi wisata satu ini merupakan tempat tinggal kaisar Jepang. Namun kini istana ini hanya digunakan sebagai tempat penobatan kaisar baru dan upacara kenegaraan lainnya. Setelah mengenal sejarah kekaisaran Jepang kamu dapat menikmati keindahan taman hijau nan luas yang berada di halaman istana ini.

7. Kiyomizudera

Kiyomizudera
Kiyomizudera. Source: trip101

Kiyomizudera merupakan kuil Budha yang berada di kaki bukit kota Kyoto dengan bagian balkonnya yang sangat luas. Di dalam kompleks Kuil Kiyomizudera terdapat 3 sungai dengan air terjun yang menurut legenda dapat mengabulkan permintaan. Selain itu, di Kiyomizudera ada kepercayaan jika dapat melewati 2 batu dengan menutup mata maka akan mendapatkan percintaan yang baik.

8. Byoudou-in

Byoudou-in
Byoudou-in. Source: Pearce On Earth

Byoudou-in merupakan sebuah kuil yang tercantum pada koin 10 yen. Kuil dengan jarak 30 menit perjalanan dari selatan kota Kyoto ini sangat dihormati penduduk Jepang. Aula utama kuil ini berbentuk burung phoenix yang melambangkan keabadian sehingga disebut juga Phoenix Hall.

9. Tetsuga No Michi

Tetsuga No Michi
Tetsuga No Michi. Source: Wicked Tourism

Destinasi wisata di Kyoto satu ini merupakan jalan sepanjang 3 kilometer yang menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan bunga sakura. Tetsuga No Michi atau lebih dikenal dengan The Philosopher’s Path terletak di distrik Higashiyama tepatnya berada di bagian utara Kyoto. Nama unik Tetsuga No Michi berasal dari filsuf terkenal Jepang, Nishida Kitaro yang merenungkan hidupnya di jalanan menuju Universitas Kyoto.

10. Pasar Nishiki

Pasar Nishiki
Pasar Nishiki. Source: No Destinations

Tempat wisata di Kyoto Jepang selanjutnya adalah Pasar Nishiki dimana kamu dapat berbelanja berbagai macam jenis ikan sampai puas. Pasar tradisional yang terletak di pusat kota ini membentang sepanjang 390 meter dengan 120 toko-toko kecil dan restoran. Di sebelah timur pasar ini kamu dapat menjumpai sebuah kuil kecil khas kota Kyoto.

11. Kinkakuji

Kinkakuji
Kinkakuji. Source: Ancient History Encyclopedia

Kinkakuji atau lebih dikenal dengan nama Golden Pavilion ini mempunyai dinding bangunan berlapis kertas emas pada lantai 2 dan 3. Kuil ini didirikan oleh Shogun ketiga Zaman Muromachi yakni Asahikaga Yoshimitsu pada tahun 1397. Waktu terbaik untuk mengunjungi Kinkakuji adalah saat musim gugur ketika daun-daun menjadi kemerahan. Pemandangan indah nan romantis daun-daun kemerahan yang berpadu dengan warna emas dinding kuil ini menjadi pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

12. Ginkakuji

Ginkakuji
Ginkakuji. Source: YOUinJapan

Jika ada Kinkakuji yang disebut Paviliun Emas, maka ada Ginkakuji yang mendapat julukan Paviliun Perak. Kuil yang menjadi tempat peristirahatan terakhir Shogun Asahikaga ini dibangun pada tahun 1489. Disebut sebagai Paviliun Perak karena ruangan utama kuil ini seluruh dindingnya dilapisi oleh kertas perak. Di destinai wisata satu ini kamu dapat mengagumi keindahan kuilnya serta taman berisi pepohonan dan semak bambu yang begitu asri.

13. Tenryuu-Ji

Tenryuu-Ji
Tenryuu-Ji. Source: Gaijin Go Japan

Kuil Zen yang berada di barat kota Kyoto tepatnya Taman Arashiyama ini dibangun oleh Asahikaga Takauji pada tahun 1339. Destinasi wisata yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO ini mempunyai pemandangan musim gugur yang menakjubkan. Sehingga menjadikan kuil bersejarah ini patut kamu kunjungi ketika berada di Jepang. Selain mengagumi keindahan bangunan-bangunan yang berada di kompleks kuil, kamu pun dapat menikmati keindahan Taman Sogenchi Teien. Pantulan pepohonan di permukaan air kolam yang berada di taman ini berpadu dengan bebatuan yang tersusun rapi menjadi pemandangan menakjubkan. Kamu bisa mengunjungi kuil ini pada puncak musim gugur saat pepohonan maple berubah warna menjadi kuning dan merah.

14. Nijo Castle

Nijo Castle
Nijo Castle. Source: Wanderast

Tempat wisata di Kyoto Jepang bernama Nijo Castle ini juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Kastil yang sudah berusia ratusan tahun ini dibangun pada tahun 1603 oleh Klan Tokugawa. Dengan desain arsitektur bangunannya yang kokoh, Kastil Nijo dipakai sebagai tempat tinggal sekaligus benteng pertahanan.  Oleh karena itu ada parit-parit lebar yang mengelilingi bangunan kastil sehingga musuh sulit memasukinya. Bangunan kokoh, desain arsitektur indah serta taman yang cantik membuat Nijo Castle menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kyoto.

15. Toji

Toji
Toji. Source: My Kyoto Photo

Satu lagi kuil yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO adalah Kuil Toji yang dikenal sebagai menara kayu tinggi tertua. Kuil yang berlokasi di tengah kota ini dapat kamu tempuh dengan berjalan kaki selama 5 menit saja dari Stasiun Kyoto. Kemudahan aksesnya inilah yang membuat Kuil Toji sangat ramai serta populer baik di kalangan turis lokal maupun mancanegara. Dengan mengunjungi Kuil Toji maka kamu dapat menjumpai banyak patung Budha lengkap dengan aroma dupa yang semerbak. Di Kuil Toji juga disimpan banyak benda berharga seperti ukiran, patung, lukisan serta karya seni lainnya yang berhubungan dengan Budha. Tak hanya itu saja kamu dapat menikmati keindahan pohon sakura dan pohon maple yang ditanam di sekitar kuil ini.

Demikian 15 tempat wisata di Kyoto Jepang yang wajib dikunjungi. Kyoto memang kaya dengan bangunan bersejarah seprti kuil dan istana yang dapat mengenalkanmu pada kebudayaan dan sejarah Kyoto. Bahkan sebagian besar kuil yang berada di Kyoto sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Tentunya dengan berlibur maupun berwisata sejarah di Kyoto akan menjadi pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan.

Berikan poin

-1 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 100.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.