in ,

Perbedaan Mie Instan Jepang, Mie Instan Korea, dan Mie Instan Indonesia

Apakah anda penggemar mie instan? Hampir setiap orang menyukai mie instan dan menjadikan mie instan sebagai cadangan makanan yang wajib. Mie instan tidak hanya tersedia di indonesia saja, tetapi terdapat juga mie instan jepang, mie instan korea, dan mie intan di berbagai negara. Bagi anda yang menyuaki dunia Kpop pasti sering mengkonsumsi mie instan korea. Atau bagi anda yang menyukai film-film jepang pastinya sudah hafal dengan mie instan jepang yang paling enak untuk dicoba. Adakah yang membedakan anatara mie instan jepang, mie instan korea, dan mie instan indonesia? Berikut akan kami bahas mengenai perbedaan mie instan dari ketiga negara tersebut.

Mie Instan Jepang

Ramen
Ramen. Source: PxHere

Sebutan mie instan di jepang adalah Ramen. Produk mie instan bervariasi, ada yang berukuran sekitar 85 gr dan yang lebih besar lagi sekitar 100-120 gr. Harga mie instan yang beredar di pasaran sekitar Rp. 5 ribu sampai Rp. 15 ribu seperti produk Nissin Gekikaran dan Ufo.  Bumbu yang dipakai pada mie instan jepang memakai bubuk, minyak, sayuran kering, dan untuk jenis tertentu ada yang memakai mayonaise.

Mie instan jepang juga mempunyai banyak pilihan varian rasa yaitu mie kuah dan mie goreng. Untuk mie instan yang berkuah, diantaranya ada yang rasa shio, miso, kitsune udon, shoyu, pedas, kare, dan masih banyak yang lainnya dengan rasa yang unik, khas, dan tentunya enak di lidah. Untuk mie instan yang goreng, ada yang diberi tambahan wasabi mayo, teriyaki, mayonnaise, dan masih banyak yang lainnya yang akan membuat anda ketagihan.

Mie Instan Korea

Ramyeon
Ramyeon. Source: Pixabay

Untuk mie instan korea, sebutan yang tidak asing lagi adalah Ramyeon. Ukuran mie instan korea merupakan ukuran paling besar dibandingkan dengan mie instan jepang dan indonesia. Berat produk untuk yang berkemasan plastik, sekitar 115-140 gr dengan harga sekitar Rp. 15 ribu sampai Rp. 25 ribu. Bumbu yang dipakai untuk mie instan disesuaikan dengan rasa masing-masing mie. Untuk bumbu mie instan korea yang berkuah terdiri dari sayuran kering dan isian bubuk kaldu, terdapat juga tambahan bubuk keju untuk yang rasa keju.

Rata-rata mie instan korea berkuah dan varian rasanya mengikuti menu makanan lokas di korea, yaitu rasa kimchi, jjampong (seafood), yukgaejang, keju dan lain sebagainnya. Untuk mie instan yang tanpa kuah, varian rasanya adalah bibimyeon, chajangmyeon bersaus hitam, buldak (ayam pedas), dan masih ada yang lainnya. Tekstur mie instan korea terkenal dengan mienya yang tebal dengan cita rasa pedas.

Mie Instan Indonesia

Mie Instan Indonesia
Mie Instan Indonesia. Source: makansamakoko.blogspot.co.id

Berat produk mie instan Indonesia sekitar 70-85 gr, kecuali mie jumbo dengan ukuran sekitar 130 gr. Harga mie instan Indonesia juga bervariasi, yaitu sekitar Rp. 2. 500 sampai Rp. 5 ribu. Ukuran mie cenderung lebih kecil dan tipis dibandingkan dengan mie instan korea dan mie instan jepang. Bumbunya terdiri dari bubuk kaldu, minyak dan sayuran kering untuk produk tertentu.

Mie instan di Indonesia juga memiliki dua pilihan masakan yaitu mie instan berkuah dan mie instan goreng. Pilihan varian rasa mie instan yang berkuah diantaranya adalah rasa soto, kari, ayam bawang, bakso, dan lain sebagainya. Untuk varian rasa yang tidak berkuah (goreng) diantaranya adalah iga penyet, sambal matah, rendang, dan lain sebagainnya. Saat inipun telah banyak pilihan varian ras mie instan Indonesia yang disesuaikan dengan masakan khas nusantara.

Itulah perbedaan antara Mie Instan Jepang, Mie Instan Korea, dan Mie Instan Indonesia. Semoga bermanfaat.

Berikan poin

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *