in ,

Kawaii

Peraturan Di Negara Jepang yang Harus Dipatuhi

Jepang atau dikenal dengan negeri Sakura merupakan salah satu negara maju dengan tingkat sumber daya manusia yang tinggi. Kegeniusan penduduk Jepang, mampu membawa Jepang menjadi negara yang perlu di contoh oleh negara lain. Jangan anggap karena wilayah Jepang yang sempit, akan mempersulitnya untuk bisa maju. Justru karena keterbatasan wilayah, penduduk Jepang bisa lebih intens untuk mengembangkan keterbatasan tersebut. Dan perlu diketahui juga, bahwa peraturan di negara Jepang adalah peraturan yang mutlak.

Sekali aturan itu dikeluarkan, maka wajib untuk dilaksanakan. Dan bagi siapapun yang melanggarnya, pasti akan mendapat sanksi.

Itulah sebenarnya kunci terpenting dibalik kemajuan suatu negara. Jika penduduknya bisa pro dengan pemerintahannya, maka untuk bisa mewujudkan visi misi juga akan mudah. Berikut adalah peraturan-peraturan yang berlaku di negara Jepang.

Peraturan di Negara Jepang untuk Umum

Ketika berada di tempat publik, Jepang mempunyai peraturan tentang bagaimana aturan dan etika yang harus dikerjakan oleh penduduknya.

1. Merokok

Ilustrasi Merokok
Ilustrasi Merokok. Source: Unsplash

Jepang adalah negara yang sangat disiplin. Tidak sembarang tempat orang boleh merokok. Sebagai fasilitasnya, pemerintah Jepang juga menyediakan tempat khusus untuk merokok seperti smoking area yang berada di pinggir-pinggir jalan ataupun di depan stasiun.

Bagi anda para wisatawan terutama, harus sangat berhati-hati. Karena jika diketahui melanggar aturan ini akan dikenakan denda sesuai kebijakan dari negara tersebut.

2. Berjalan di Trotoar

Trotoar di Jepang
Trotoar di Jepang. Source: urbankchoze.blogspot.com

Seperti pada umumnya, trotoar memang tempatnya pejalan kaki. Di Jepang benar-benar ditertibkan  bagi yang melintasi trotoar. Mulai dari dilarangnya pendirian toko, serta dilarangnya sepeda motor melintasi trotoar. Oleh karenanya, tidak diperkenankan untuk jalan bergerombol agar siklus perjalanan tetap lancar.

3. Mengambil Foto

Ilustrasi Selfie
Ilustrasi Selfie. Source: The Memo

Hati-hati bagi anda yang senang selfie, Jepang sangat memperketat etika dalam pengambilan foto. Jadi Hampir semua tempat umum seperti mall ataupun toko, para pengunjung tidak diperbolehkan mengambil foto.

Jika mau berfoto, sebaiknya meminta izin terlebih dahulu agar tidak timbul rasa ketidaknyamanan dengan yang bersangkutan.

4. Di Dalam Kereta

Ilustrasi di Dalam Kereta
Ilustrasi di Dalam Kereta. Source: VideoBlocks

Etika di Jepang saat berada di kereta diwajibkan untuk menggunakan mode silent. Hal ini muncul karena adanya istilah meiwaku wo kakeru, yang dalam bahasa Jepang artinya dapat menyebabkan gangguan pada orang lain.

Selain itu juga harus diperhatikan terkait kursi prioritas. Dimana kursi tersebut hanya boleh digunakan oleh orang yang sakit, lansia, dan ibu hamil. Jadi mau kosong sekalipun kursinya, tetap tidak bisa ditempati selain yang telah ditentukan.

5. Menggunakan Eskalator

Menggunakan Eskalator
Menggunakan Eskalator. Source: umi2tsukuba.wordpress.com

Di Jepang sangat diperhatikan terkait sirkulasi eskalator. Jangan sekali-kali mengobrol dengan posisi sejajar di eskalator. Mereka lebih mengutamakan etika, dimana bagi siapapun yang menggunakan lift diusahakan berjalan di sebelah kiri.

6. Etika Pembayaran di Kasir

Membayar di Kasir
Membayar di Kasir. Source: japantidbits.wordpress.com

Kasir di Jepang tidak akan mau menerima uang langsung dari pembeli melainkan ditempatkan terlebih dahulu di nampan kayu kecil. Begitu juga nanti jika memberikan kembalian ke pembeli.

Peraturan Sekolah di Negara Jepang

Makan Dalam Kelas
Makan Dalam Kelas. Source: The Japan Times

Setiap masing-masing sekolah pastinya akan mempunyai peraturan sendiri. Tapi secara umum, Jepang mempunyai aturan untuk lembaga pendidikan. Berikut adalah peraturan sekolah di Jepang

  1. Setiap siswa harus makan di kelas masing-masing
  2. Siswa tingkat SMP dilarang berpacaran dan memilki hubungan yang terbuka
  3. Tidak pernah ada guru pengganti di kelas.Sekalipun pada waktu tertentu guru tidak bisa mengajar, kelas tetap kosong. Artinya, tidak ada guru pengganti. Dan siswanya harus tetap dalam etika yang baik.
  4. Seluruh siswa di Jepang, dibawah usia 18 tahun dilarang keluar jam 10 malam.Peraturan ini diterapkan di Tokyo dan Yokohama.

Itulah peraturan di negara Jepang, yang terkhusus bagi umum dan di lembaga pendidikan. Semoga dengan segala yang memberi perubahan di Jepang, bisa kita jadikan inspirasi untuk kemajuan di negara kita masing-masing.

Berikan poin

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *