in

Ini Suka Duka Kerja Di Jepang Yang Perlu Diketahui

Jepang atau negeri sakura ini terkenal dengan segala kemajuan infrastrukturnya. Meskipun Jepang terbilang bukan negara agraris, tetapi Jepang mempunyai sumber daya manusia yang tinggi. Bukan hal yang sulit bagi Jepang untuk menuangkan ide-ide demi negaranya. Bahkan sekarang, banyak warga negara Indonesia yang ingin mencari penyambung hidup di negeri sakura ini. Tapi perlu diketahui, ada rasa suka duka kerja di Jepang yang harus dipahami baik-baik agar tidak “kaget” setelah berada di lapangan.

Setelah awalnya di Indonesia kemudian merantau kerja di Jepang, tentunya akan menghadirkan nuansa yang berbeda dalam setiap halnya. Nah, oleh karenanya di sini kami akan menghadirkan sederet suka duka yang bakal dirasakan saat kerja di Jepang.

Suka Duka Kerja di Jepang

Jangan berpikir kalau bekerja di negeri orang itu gak susah lho, ya. Siapa bilang juga?

Apalagi kalau di negara yang tarafnya sudah masuk dalam daftar negara maju di dunia. Jadi ada hal-hal yang harus diperhatikan terkait suka duka kerja di Jepang. Berikut adalah uraian tentang suka duka yang dirasakan saat bekerja di Jepang.

1. Memahami Struktur Bahasa Jepang

Ilustrasi kamus Bahasa Jepang
Ilustrasi kamus Bahasa Jepang. Source: Japanese Tease

Penguasaan bahasa Jepang sangat diperlukan untuk mendukung lancarnya komunikasi. Seperti biasanya, sebelum menjadi pekerja magang akan diadakan training terlebih dahulu untuk pelatihan bahasa dan adaptasinya. Untuk jangka waktunya tidak pasti, bisa 6 bulan sampai 1 tahun.

2. Internet Adalah Segalanya Saat di Jepang

Ilustrasi internet
Ilustrasi internet. Source: Unsplash

Kalau sudah berada di negeri orang, internet adalah segalanya. Dalam setiap komunikasinya bisa menjadi lebih mudah dengan menggunakan internet. Jadi jangan sampai anda tertinggal dari internet ya. Karena anda akan kekurangan informasi tanpa adanya internet.

3. Sebagai WNI yang Bekerja di Jepang, Harus Selalu Update Terkait Kurs Rupiah

Ilustrasi kurs
Ilustrasi kurs. Source: Pixabay

Sebagai warga negara Indonesia yang bekerja di Jepang, jangan lupa untuk selalu memantau naik turunnya nilai rupiah. Berhubung financial adalah hal yang penting untuk diperhatikan, jadi akan sangat membantu anda. Apalagi melihat di berbagai negara yang memiliki nilai rupiah berbeda-beda.

4. Bisa Bersosialisasi dengan Orang dari Berbagai Negara

Ilustrasi orang dari berbagai negara
Ilustrasi orang dari berbagai negara. Source: Office of Global Affairs

Di Jepang, anda tentunya akan berkesempatan bertemu dengan banyak orang dari berbagai asalnya. Seperti orang Jepang sendiri bahkan untuk sesama Indonesia. Berkawan dengan banyak orang akan lebih baik lho yaa!!!

5. Tidak Ada Salahnya, Meluangkan Kesempatan untuk Menikmati Indahnya Jepang

Ilustrasi traveling di Jepang
Ilustrasi traveling di Jepang. Source: The Japan Times

Tujuan awal untuk bekerja memanglah sangat bagus. Tapi tidak ada salahnya, ketika ada waktu senggang anda meluangkan kesempatan untuk menikmati indahnya Jepang. Belum tentu kesempatan itu akan datang kedua kalinya. Sekalian niatkan untuk refreshing juga lebih baik.

6. Di Waktu Tertentu Anda Akan Disibukkan dengan Urusan Perpanjangan Visa

Ilustrasi Visa
Ilustrasi Visa. Source: I am Aileen

Jangan sampai lupa untuk membuat atau memperpanjang visa, yah. Sekali anda lengah terkait visa, maka urusannya akan menjadi ribet. Kalau memang harus diperpanjang, silakan untuk segera memperpanjangnya dengan segala persyaratan yang dibebankannya. Karena visa merupakan identitas resmi anda ketika berada di negeri orang.

7. Terkadang di Saat Sakit Melanda Akan Menghambat Segala Aktivitas

Ilustrasi sakit
Ilustrasi sakit. Source: Unsplash

Segala sesuatu kalau sudah diserang sakit, pasti akan terhambat. Belum lagi jika bekerja dengan atasan yang lumayan protektif. Anda harus benar-benar siap ya menerima segala keadaan. Jadi tetap jaga kesehatan dan harus semangat !!

8. Fasilitas Khusus Saat Bekerja di Jepang

Ilustrasi asuransi kesehatan
Ilustrasi asuransi kesehatan. Source: Go! Go! Nihon

Gaji dan asuransi menjadi nilai suka tersendiri bagi anda pekerja di Jepang. Perlu diketahui, bahwasannya nilai minimum upah di Jepang tergolong tertinggi di Asia. Dan akan mendapatkan asuransi seperti asuransi kesehatan, kematian, dan lain sebagainya. Yah, meskipun tidak terbagi rata.

Semoga dengan gambaran suka duka kerja di Jepang di atas mampu membuat anda bisa menyiapkannya lebih dini sebelum nantinya “kaget” saat di lapangan. Jadilah pekerja yang berkualitas tanpa harus memandang kuantitasnya.

Berikan poin

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *