in ,

Ini Sistem Pendidikan Di Jepang Yang Sangat Berbeda Dengan Di Indonesia

Orang-orang di Negara Jepang terkenal dengan sumber daya manusia yang cerdas, stamina bagus (sehat), sopan santun dan sangat baik. Bahkan Negara ini menjadi salah satu Negara paling yang maju di Asia. Tentunya hal-hal semacam itu terdapat sesuatu yang melatarbelakangi sehingga mampu menciptakan sumber daya manusia yang luar biasa. Apakah memang masyarakat Jepang selalu makan ikan ? kemudian menjadi pintar ? atau karena sering membungkukkan badan memberi hormat kepada orang lain ? wah ternyata tidak hanya itu saja lho. Orang Jepang memiliki karakter dan etos kerja yang sangat baik, cekatan dan pekerja keras, hal ini membuat Negara lain terkagum-kagum. Hal ini dikarenakan sistem pendidikan di Jepang yang memiliki kualitas bagus.

Mengajarkan Sikap Yang Baik Sebelum Memulai Ilmu Pengetahuan

Pendidikan di Jepang
Pendidikan di Jepang. Source: tarinani-nan-demo

Sistem pendidikan di Jepang salah satu kurikulum yang diajarkan adalah bahwa sekolah tidak mewajibkan siswa untuk ikut tes ujian sampai kelas 4 (empat) atau sekitar usia 10 tahun. Mereka hanya mengikuti tes kecil yang disediakan oleh sekolah.

Kurikulum di Jepang percaya bahwa tujuan utama sekolah pada tiga tahun pertama bukanlah meraih nilai akademis yang bagus, melainkan lebih mengedepankan sikap yang baik. misalnya siswa diajarkan untuk bertingkah sopan dan santun terhadap orang lain, serta memperlakukan hewan dan alam dengan baik.

Sekolah Serta Perkuliahan Dimulai Bersamaan Dengan Mekarnya Bunga Sakura

Bunga Sakura
Bunga Sakura. Source: Unsplash

Pada umumnya permulaan sekolah dan perkuliahan dimulai pada bulan Juni-Agustus. Namun sistem pendidikan di Jepang Justru dimulai pada tanggal 1 April, hal ini bertepatan dengan mekarnya bunga sakura. Hal ini dikarenakan mereka percaya bisa menambah semangat anak-anak sekolah dan perkuliahan dalam menghadapi tahun ajaran baru. Siswa siswi di Jepang mengalami libur selama enam minggu pada saat musim panas, kemudian dua minggu pada musim semi dan dingin.

Mayoritas Sekolah Di Jepang Meminta Murid Membersihkan Sendiri Ruang Belajar

Pendidikan di Jepang
Pendidikan di Jepang. Source: Japanese Events in Tunisia

Siswa dalam pendidikan di Jepang diajarkan untuk bekerja secara tim dan belajar menghargai pekerjaan orang lain. Kedispilinan yang diajarkan adalah dengan membiasakan siswa untuk membersihkan ruang belajar, toilet serta fasilitas lainnya.

Sekolah di Jepang Menyediakan Makan Siang dan Siswa Makan di Kelas Bersama-Sama

Pendidikan di Jepang
Pendidikan di Jepang. Source: The Japan Times

Merupakan salah satu sistem pendidikan di Jepang yang bahkan saat ini banyak diajarkan juga di Negara lain. Di sekolah Jepang menyediakan makan siang dengan menu yang sehat serta seimbang. Bahkan di Sekolah Dasar dan SMPN siswa makan bareng bersama guru, hal itu agar menciptakan hubungan yang lebih harmonis.

Les Sepulang Sekolah sangat populer di Jepang

Pendidikan di Jepang
Pendidikan di Jepang. Source: Junten Junior High School

Karena sistem pendidikan di Jepang sangat sisiplin, sehingga apabila ada siswa yang akan masuk sekolah SMA yang bagus, mayoritas pelajar di Jepang mengikuti pelatihan workshop atau les pada malam hari. Biasanya dilakukan setelah melakukan kegiatan ekstrakurikuler. Bahkan belajar pada hari libur.

Selain Mata Pelajaran Normatif, Mereka Belajar Kaligrafi dan Puisi

Pendidikan di Jepang
Pendidikan di Jepang. Source: The Japan Times

Siswa di Jepang selalu diajarkan untuk menghargai seni tradisional negeri tersebut. Shodo (seni kaligrafi) di Jepang biasanya menggunakan bambu yang dicelupkan kedalam tinta dan ditulis diatas kertas nasi. Selain shodo mereka juga diajarkan Haiku, yakni seni dalam bentuk puisi yang menggunakan ekspresi sederhana untuk mengolah emosi pembaca.

Hampir Semua Siswa Pakai Seragam

Pendidikan di Jepang
Pendidikan di Jepang. Source: MarcusgohMarcusgoh

Seperti halnya Indonesia, sistem Pendidikan di Jepang menerapkan seragam dengan gaya pelaut untuk cewek dan gaya militer untuk cowok. Hal ini dilakukan agar tidak ada kesenjangan sosial diantara para siswa.

Sungguh menarik bukan? Sistem Pendidikan di Jepang begitu disiplin dan bisa dijadikan contoh, Pantas saja jika sumber daya manusia di Jepang memiliki kejeniusan yang luar biasa. Memang hasil tidak mendustai proses, sehingga apa yang diperoleh sesuai dengan usaha yang dilakukannya. Tidak jauh berbeda dengan Negara Jepang.

Berikan poin

-1 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 100.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *