in ,

Ingin Mendapat Beasiswa Kuliah Di Jepang? Perhatikan Hal Ini

Jepang terkenal dengan kemajuan dan tingkat pendidikan yang sangat baik dan terus maju. Tidak heran banyak sekali mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang. Namun biaya yang sangat mahal menjadi salah satu alasan untuk mengubur impian mereka sekolah di Jepang. Namun banyak juga terdapat beasiswa kuliah di Jepang.

Tidak mengherankan bahwa informasi mengenai beasiswa kuliah di Jepang sangat banyak dicari. Banyak juga sebenarnya beasiswa untuk melanjutkan sekolah ke negeri sakura tersebut.

Namun secara umum seleksi untuk lolos beasiswa kuliah di Jepang tidaklah mudah, selain mengalahkan kompetitor yang ribuan jumlahnya, jenis tes juga tidaklah mudah.

1. Research Student

Research Student merupakan salah satu beasiswa pemerintah Jepang. Program ini selalu memberi kesempatan untuk melakukan riset perguruan tinggi Jepang sekaligus melamar program pendidikan hingga S3. Anda juga dapat meneruskan ke program S3 setelah menyelesaikan S2 apabila lulus seleksi ujian yang dilakukan universitas yang bersangkutan.

2. Alternatif Lain

Pelamar tidak harus mengikuti Research Student. Pelamar juga dapat kuliah di Jepang tanpa melalui Research Student yaitu apabila mendapat izin dari universitas yang bersangkutan secara langsung, namun itu sangat kecil kemungkinannya.

3. Persyaratan Beasiswa Kuliah di Jepang

Kuliah di Jepang
Kuliah di Jepang. Source: Langley School District

Banyak sekali jenis persyaratan yang harus dilakukan dan dilengkapi untuk kedapatan beasiswa kuliah di Jepang. Semua persyaratan sebenarnya tergantung pihak penyelenggara beasiswa dan juga pihak universitas.

Namun persyaratan Research Student dapat menjadi gambaran persyaratan beasiswa secara umum.

Sekedar informasi tambahan, Research Student menawarkan beasiswa penuh. Beasiswa tersebut mencakup biaya kuliah, tiket pesawat, serta tunjangan hidup di Jepang bulanan. Setiap bulan penerima beasiswa akan mendapat tunjangan biaya hidup 143.000 yen atau setara dengan 16,9 juta rupiah.

4. Persyaratan :

  1. Tidak memiliki usia lebih dari 33 tahun
  2. IPK diutamakan lebih dari 3.0 di tingkat perguruan tinggi terakhir
  3. Memiliki skor TOEFL-PBT tidak kurang dari 570 atau untuk TOEFL-IBT minimal 80 atau menggunakan IELTS minimal 6.5, atau nilai Test JLPT minimal level 2/N2. (TOEIC, TOEFL Ike & TOEFL prediction tidak dapat digunakan. Yang dapat digunakan hanya sertifikat TOEFL yang diterbitkan ETS).
  4. Harus bersedia belajar bahasa Jepang
  5. Memilih program studi sama dengan program studi terakhir
  6. Sehat jasmani rohani (tidak diperbolehkan hamil hingga seleksi proses seleksi)

5. Dokumen Yang Diperlukan

  1. Print-Out registrasi Online yang berisi nomor ujian
  2. Pasfoto 3,5 x 4,5 cm
  3. Fotokopi Transkrip nilai yang telah di legalisir dan disusun dalam bahasa Inggris atau Jepang lebih baik
  4. Surat rekomendasi dari universitas pendidikan terakhir
  5. Bagi yang sedang bekerja maka rekomendasi dari tempat kerja
  6. Tugas akhir/skripsi/ jenjang pendidikan terakhir dan sudah disusun dalam bahasa Inggris.
  7. Rekaman video untuk calon mahasiswa
  8. Fotokopi hasil nilai skor TOEFL/ IETS atau JLPT

Terkadang masih ada persyaratan lain yang khusus tergantung penyedia beasiswa maupun universitas tujuan. Namun secara umum terdiri dari persyaratan di atas.

6. Kuasai Informasi Mengenai Beasiswa

Seorang pemenang adalah mereka yang menguasai informasi secara lengkap. Salah satu cara untuk lolos masuk universitas dan mendapat beasiswa adalah memiliki segudang informasi. Rasa ingin tahu sangat diperlukan karena akan memotivasi calon penerima beasiswa untuk belajar segala hal.

Akan lebih baik lagi apabila calon pelamar memiliki kenalan dosen Jepang karena dapat dijadikan untuk teman konsultasi. Perbanyaklah informasi mengenai jenis beasiswa dan ketentuan lain melalui website resmi. Mulai dari jenis beasiswa hingga segala macam yang ada dalam universitasnya.

Semoga artikel mengenai beasiswa kuliah di Jepang ini membantu.

Berikan poin

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.