in

Gembira

7 Tips Meminimalisir Biaya Hidup Magang Di Jepang

Pendapatan per kapita dari masyarakat Jepang yang tinggi, memicu gaya hidup orang Jepang yang sangat tinggi pula. Tidak heran jika banyak manusia dari seluruh penjuru dunia yang ingin mencari pundi-pundi uang di negara Jepang, termasuk Indonesia. Untuk kamu yang ingin magang di Jepang, alangkah baiknya mengetahui informasi tentang biaya hidup magang di Jepang karena kamu akan hidup dikelilingi dengan gaya hidup yang tinggi. Agar lebih melengkapi, berikut akan dijelaskan 7 tips meminimalisir biaya hidup magang di Jepang yang akan membantu perencanaanmu.

1. Tempat Tinggal

Ilustrasi tempat tinggal
Ilustrasi tempat tinggal. Source: GaijinPot Blog

Di Jepang biaya sewa tempat tinggal dipengaruhi tiga faktor yaitu lokasi (pusat kota atau pinggiran), jarak ke stasiun dan usia bangunan. Biaya sewa sebuah kos-kosan mulai dari 30.000-60.000 yen per bulan. Harga Dalam transaksi awal, ada beberapa biaya tambahan seperti uang kunci, uang jaminan asuransi kerusakan, uang komisi agen dan yang lainnya. Agar lebih meminimalisir pengeluaran, kamu bisa menyewa satu tempat tinggal tetapi dihuni oleh beberapa orang. Jadi kamu bisa membayar sewa debgan patungan. Tapi akan lebih menghemat biaya hidup magang di Jepang lagi, jika perusahaan tempat kamu magang menyediakan mess.

2. Makan dan Minum

Bento
Bento. Source: Japanese Cooking 101

Kebalikan dari negara Indonesia, harga sayuran di Jepang rata-rata lebih mahal daripada harga daging. Produk lokal jauh lebih mahal daripada impor. Untuk kamu yang tinggal rame-rame bisa patungan dalam belanja makanan. Lebih hemat lagi jika memasaknya sendiri lalu untuk bekal jika bepergian atau ke tempat kerja. Kalau makan di luar pas jam makan siang, pasti kan diberikan harga lebih hemat, mulai dari 500 sampai 1000 yen lengkap dengan minumannya seperti kopi, ice cream, dessert atau yang lainnya.

3. Transportasi

Ilustrasi bersepeda di Jepang
Ilustrasi bersepeda di Jepang. Source: Gaijin Go Japan

Transportasi masyarakat Jepang yang sering digunakan adalah kereta, bus dan sepeda. Tarif kereta local menuju stasiun pertama adalah 170-250 yen. Untuk berhenti di stasiun berikutnya ada biaya tambahan 20-30 yen. Untuk kamu yang magang, pasti rute perjalananmu setiap harinya sama. Gunakan tiket free pass bulanan yang bisa digunakan sepuasnya selama 1 bulan dengan rute sama. Pastinya biaya hidup magang di Jepang akan lebih hemat. Lebih murah lagi jika kamu mau bersepeda saat berpergian. Di samping juga sehat, Jepang memiliki jalan lebar dan rata yang akan semakin nyaman kamu bersepeda. Orang di sana juga tidak sedikit memilih untuk bersepeda saat keluar.

4. Listrik, Gas dan Air

Ilustrasi tagihan listrik
Ilustrasi tagihan listrik. Source: GaijinPot Blog

Umumnya biaya listrik 3.000-5.000 yen, gas 4.000-8.000 yen dan air 1.000-2.000 yen per bulan tergantung pemakaian. Penggunaan listrik pasti akan meningkat ketika musim dingin tiba karena akan sering menggunakan pemanas ataupun memasak air panas. Biaya hidup magang di Jepang akan lebih terjamin jika perusahaan tempat kamu magang memberikan subsidi biaya-biaya tersebut.

5. Telepon dan Internet

Internet cafe di Jepang
Internet cafe di Jepang. Source: The Japan Times

Untuk menghemat biaya hidup magang di Jepang untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga di Indonesia bisa menggunakan Wi-fi yang terpasang di tempat tinggalmu ataupun datang ke internet cafe. Biaya Wi-fi perbulan tidak lebih dari 1.500 yen. Kamu bisa menggunakan aplikasi Line, Skype, WhatsApp atau yang lainnya. Membeli handphone di Jepang dengan provider tertentu, biaya tergantung kontrak di awal.

6. Hiburan

Ilustrasi televisi
Ilustrasi televisi. Source: Unsplash

Hiburan terhemat adalah menonton televisi di tempat tinggalmu. Untuk memperoleh harga televisi lebih miring bisa membelinya di toko barang bekas. Atau kamu bisa memanfaatkan koneksi internet yang ada, sebagai hiburanmu. Tentunya didukung dengan komputer yang mampu terhubung dengan internet. Jika ingin hiburan di luar, kamu bisa menggunakan free pass  atau bus pass yang lumayan murah untuk mengelilingi Jepang.

7. Asuransi Kesehatan

Ilustrasi asuransi kesehatan
Ilustrasi asuransi kesehatan. Source: Go! Go! Nihon

Biaya kesehatan di Jepang bisa tiba-tiba membengkak. Maka dianjurkan untuk menggunakan asuransi kesehatan tak terkecuali orang asing. Asuransi yang harus dibayar per bulan rata-rata 7.000-8.000 yen.

Sebenarnya besar biaya hidup magang di Jepang tergantung pribadi masing-masing. Tergantung kamu memilih hidup dengan gaya tinggi atau gaya yang sederhana.

Berikan poin

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.