in

7 Peraturan Sekolah di Jepang Yang Unik Dan Aneh

Setiap negara di dunia pasti memiliki sistem pendidikan yang dirancang sesuai dengan kebutuhan negaranya. Walaupun banyak pertentangan mengenai sistem pendidikan suatu negara, pastinya pemerintah sudah melakukan berbagai pertimbangan dalam mengambil keputusan. Sistem pendidikan di Jepang juga tentunya berbeda dengan Indonesia. Peraturan sekolah di Jepang pastinya juga tidaklah sama.

Negara matahari terbit memang terkenal dengan berbagai macam budaya dan kedisiplinan yang luar biasa. Baik dalam kehidupan biasa sehari-hari, bahkan hingga peraturan di sekolah. Lantas apa saja peraturan sekolah di Jepang? Berikut daftarnya :

1. Dilarang Mengenakan Penutup Seragam Ketika Berangkat Dan Pulang Sekolah

Ilustrasi Menggunakan Sweater
Ilustrasi Menggunakan Sweater. Source: Top Career Study Abroad

Pelajar di Jepang sangat dilarang mengenakan sweter maupun jaket ketika berangkat dan pulang sekolah. Penggunaan sweter maupun jaket dianggap Nora dan merusak penampilan. Tidak heran jika pelajar lebih bangga mengenakan seragam sekolah bahkan ketika tidak dalam jam belajar sekalipun.

2. Kedisiplinan Yang Luar Biasa

Kedisiplinan Yang Luar Biasa
Kedisiplinan Yang Luar Biasa. Source: Japanese Events in Tunisia

Jepang sangat terkenal dengan kedisiplinannya. Tidak hanya dalam hubungan kerja yang disiplin keras, bahkan sekolah juga memiliki standar disiplin tinggi. Apabila didapati terlambat dalam masuk sekolah selama 3 kali, maka murid akan mendapat sanksi membersihkan toilet sekolah seminggu berturut-turut.

3. Makan Dalam Kelas

Makan Dalam Kelas
Makan Dalam Kelas. Source: The Japan Times

Pelajar di Jepang ketika menghabiskan waktu istirahat biasanya digunakan untuk membaca dan juga untuk makan siang. Namun tempat makan siang pelajar Jepang bukan makan di sembarang tempat melainkan di dalam kelas mereka masing-masing. Makan di tempat selain kelas akan dianggap tidak sopan. Selain itu makan di dalam kelas juga menyenangkan.

4. Tampil Apa Adanya

Tampil Apa Adanya
Tampil Apa Adanya. Source: The Fenomen of Traveller

Peraturan sekolah di Jepang lainnya adalah siswa harus tampil apa adanya. Tidak diperkenankan memakai make-up bahkan lensa kontak. Karena mereka berpendapat dan memegang prinsip kuat yaitu pergi sekolah untuk menuntut ilmu bukan untuk menarik perhatian. Selain itu peraturan yang satu ini sangat didukung oleh pria yang lebih menyukai wanita dengan natural, sehingga pelajar putri akan memilih untuk tampil natural.

5. Kaus Kaki Selutut

Kaus Kaki Selutut
Kaus Kaki Selutut. Source: Tokyo Otaku Mode

Rata-rata kaus kaki pelajar Jepang adalah setinggi lutut walaupun ada juga yang kurang selutut sedikit. Kaus kaki selutut akan terlihat lebih rapi untuk dikenakan dan tentunya lebih menarik dipandang. Selain itu kaus kaki selutut akan memberikan kesan berpendidikan dalam berbusana.

6. Dilarang Pacaran

Ilustrasi Berpacaran
Ilustrasi Berpacaran. Source: The Japan Times

Peraturan sekolah Jepang ini juga berlaku untuk seluruh sekolah. Pacaran akan sangat mengganggu dan sangat norak. Jam bermain juga selalu difokuskan untuk belajar walaupun diselingi refreshing dan bermain, tentu saja dengan sesama jenis. Karena pelajar di Jepang juga sangat sadar bahwa masa muda adalah untuk menuntut ilmu sebanyak-banyaknya.

7. Dilarang Memakai Minyak Rambut

Ilustrasi Minyak Rambut
Ilustrasi Minyak Rambut. Source: Cloak & Dapper

Belum diketahui dengan jelas alasannya apa, namun rambut siswa Jepang rata-rata kering dan tanpa menggunakan minyak rambut. Mungkin karena mereka lebih menghargai penampilan natural apa adanya. Berbeda sekali dengan Indonesia yang anak SMP pun sudah mengenakan pomade.

Demikian 7 peraturan sekolah di Jepang yang tentunya patut untuk ditiru dan menjadi inspirasi. Walaupun ada sekolah di Indonesia yang memiliki peraturan ketat dan disiplin, namun kebanyakan pelajar Indonesia sangat bertolak belakang dengan kedisiplinan. Mungkin Indonesia perlu menerapkan peraturan dan sistem pendidikan seperti di Jepang. Karena dengan 7 peraturan di atas, sangat jelas bahwa tugas pelajar adalah menuntut ilmu. Karena kemajuan sebuah bangsa dapat dilihat dari kualitas pemudanya.

Semoga artikel ini menjadi inspirasi dan motivasi untuk pelajar Indonesia. Ambillah sisi positif dari aturan sekolah Jepang di atas. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Berikan poin

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *